Sabtu, 03 April 2010

Tugas Akhir ttg Location Based Service/ Layanan Berbasis Lokasi

Ini adalah cerita tentang pembuatan Aplikasi Location Based Service. Tahun 2000, saya masuk program lintas Jalur ITS jurusan teknik Elektro, setelah sebelumnya saya kuliah di Poltek Elektro dan lulus tahun 1997.
Lintas Jalur adalah program untuk mengambil sarjana S1.
Pada awal saya masuk lintas jalur, sudah terbersit untuk mengambil Tugas Akhir dengan tema Location Based Service/Layanan Berbasis Lokasi. Ide ini muncul setelah saya membaca artikel kecil pada suatu tabloit telekomunikasi ( saya lupa namanya dan sekarang tabloit tsb tidak terbit lagi).
Pada tahun 2000, untuk membuat aplikasi spt ini sangatlah sulit. Karena saat itu literatur yg ada sangat terbatas. Dan waktu itu, teknologi ini masih merupakan "next generation technology", sehingga membayangkan saja masih sulit.
Akhirnya saya ikut ke berbagai milist tentang LBS, yang kebanyakan adalah milist luar negri, dan sejauh saya bergabung, saya belum mendapatkan gambaran, seperti apa sih wujud aplikasi dari teknologi ini???
pada akhir 2001, saya bergabung dengan milistnya Ericsson namanya Ericsson Developer Zone. dari sini pun saya tidak mendapat jawaban.
sehingga akhirnya dosen pembimbing saya membawa saya ke operator IM3 Surabaya. Dari diskusi yang panjang dan lama banget dengan manager teknik Surabaya ( Pak Sumantri Joko Yuwono) akhirnya saya mendapat pencerahan. Dan gambaran tentang aplikasi ini akhirnya didapat.

Waktu itu, Pak Sumantri memberi saya data BTS IM3 Surabaya. Data yang sebenarnya sangat secret, dan kebanyakan operator tidak mau share ke pihak luar. Karena dengan alasan riset, akhirnya data ini dibagikan dengan gratis.

Selain data BTS, alat yang dibutuhkan adalah aplikasi/software untuk bisa mendapat data koordinat dari HP yang akan dilacak. Setelah browsing sana-sini, akhirnya didapatlah yang namanya Netmonitor.

Netmonitor ini hanya compatible dgn HP nokia. Mungkin saja tahun 2001 software yang ada hanya Net monitor saja. Ato mungkin ada yang lain, tapi saya yg tidak tahu. Kalu saat ini software spt itu sudah banyak antara lain garmin mobile, aspicore, dll. (saya tidak tahu yang lainnya, karena belum update data he..he..)

Setelah semua tool tersedia, mulai merangcang aplikasi untuk where Am I?

tool lain untuk membuat aplikasi ini:

- Oxygen SMSplus. Oxygen ini adalah software SMS gateway.

Cara kerja dari software SMS GateWay tersebut adalah menggambil SMS Masuk dari handphone kemudian di simpan dalam database itu untuk proses SMS Masuk sedangkan kalau SMS keluar maka software tersebut akan mengambil data dari database kemudian akan dikirim menggunakan handphone. jadi pada dasarnya software tersebut memiliki database yang terdiri dari tabel INBOX (untuk sms masuk) dan tabel OUTBOX (untuk sms keluar).

tapi untuk aplikasi ini, software saya modifikasi, sehingga setiap ada sms masuk, akan langsung mengambil data di database dan langsung mengirimkan kembali ke no HP yang mengirim sms (auto reply)




1 komentar:

  1. bagaimana cara mendapatkan aplikasi ini
    mohon bantuan terima kasih
    dan mohon di kirim ke email saya
    nuryant29@yahoo.co.id

    BalasHapus